Pages

5 Langkah Untuk Mengobati Cantengan Di Kuku

5 Langkah Untuk Mengobati Cantengan Di Kuku
5 Langkah Untuk Mengobati Cantengan Di Kuku



Bila Anda mendengar kata cantengan, maka perhatian Anda pasti mengarah ke kuku. Iya benar, cantengan adalah masalah di kuku yang dikarenakan oleh infeksi jamur atau bakteri. Cantengan yaitu keadaan dimana daging disekitar kuku mengalami penusukan oleh kulit kuku sehingga mengeluarkan nanah. Cantengan umumnya berlangsung di area kuku sisi Ibu Jari (jempol) Tangan ataupun kaki. Pemicu cantengan di kuku juga bisa disebabkan karena memotong kuku terlampau pendek, kerap menggigit kuku, menggunakan sepatu terlampau sempit, serta akibat tertusuk duri.


Seseorang yang mengalami cantengan, pasti akan merasakan rasa sakit yang luar biasa, mengalami pembengkakan di ruang kuku, dibarengi rasa perih yang menyiksa. Sisi jari yang terserang cantengan juga mengeluarkan bau yang tidak enak, pasti hal semacam ini bakal mengurangi tampilan diri Anda. Karenanya Anda mesti segera mengatasinya. cara menangani cantengan di kuku dengan cara alami adalah hal yang perlu Anda kerjakan supaya penyakit tak berkembang makin kronis. 


Di bawah ini adalah langkah alami menyembuhkan cantengan kuku di Ibu Jari (jempol) salah satunya yaitu : 


1. Memakai Parutan Jahe serta Minyak Kelapa
Untuk menyembuhkan cantengan di kuku dengan cara alami Anda perlu membuat ramuan dari parutan jahe serta minyak kelapa. Langkah membuatnya, campur kedua bahan ini ke panci, lalu panaskan. Oleskan sisi kuku yang terserang cantengan memakai kombinasi ke dua bahan ini. Kemudian perban dengan kain kasa. Kerjakan langkah tersebut saat pagi serta sore hari dengan cara teratur.





2. Memakai Garam serta Air Hangat
Garam diakui mempunyai manfaat untuk meredakan rasa perih serta nyeri pada cantengan di kuku. Langkahnya, rendam sisi kuku yang terserang cantengan pada air hangat yang sudah di beri garam. Rendam kuku itu sepanjang 15 menit serta kerjakan langkah tersebut saat pagi serta sore hari dengan cara teratur.


3. Memakai Cuka Sari Apel
Faedah cuka sari apel ini yaitu untuk menghalangi infeksi serta untuk meredakan rasa nyeri dibagian kuku yang terserang cantengan. Langkahnya, rendam sisi kuku yang terserang cantengan pada air hangat yang sudah di beri kombinasi cuka sari apel. Diamkan sepanjang 30 menit, hingga cuka sari apel itu meresap ke kuku Anda serta meredakan rasa nyeri yang menyiksa Anda.  


Baca Juga: Manfaat Cuka Apel Untuk Menghilangkan Ketombe

4. Memakai Lemon atau Jeruk Nipis
Lemon atau jeruk nipis mempunyai kandungan karakter asam yang dapat mengobati infeksi disebabkan cantengan di kuku. Langkahnya, teteskan air perasan jeruk nipis atau lemon ke kuku yang terserang cantengan, lalu pakai buah jeruk nipis untuk diikatkan ke kuku memakai perban. Diamkan sepanjang 60 menit. Kerjakan langkah tersebut saat pagi serta sore hari.


5. Mengompres Kuku Dengan Rivanol
Rivanol adalah obat medis yang diakui bisa mengobati beragam luka di kulit. Rivanol dapat juga dipakai untuk menyembuhkan cantengan di kuku. Langkahnya, tuang rivanol seperlunya pada kapas atau kain kasa, lalu tempelkan di bagian kuku yang terserang cantengan. Birkan sepanjang 60 menit, lalu basuh dengan air bersih. Kerjakan cara itu 3 kali satu hari dengan cara teratur.


Itulah panduan menangani cantengan di kuku dengan cara alami. Supaya cantengan tak menyerang Anda kembali, jadi Anda butuh melindungi kebersihan kuku-kuku Anda dengan cara teratur. Lalu janganlah memotong kuku terlampau pendek atau janganlah memakai sepatu yang terlampau sempit.
Demikian, mudah-mudahan bermanfaat