5 Gejala Akibat Kekurangan Protein

5 Gejala Akibat Kekurangan Protein
5 Gejala Akibat Kekurangan Protein


Protein merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membuat jaringan otot, organ-organ,  saraf, dan sistem kekebalan. Manfaat protein adalah sebagai zat pengatur hormon-hormon yang memiliki fungsi dalam pencernaan. Protein juga bertindak sebagai cadangan makanan dan energi untuk memelihara keseimbangan pH asam serta basa di dalam tubuh seseorang.

Jenis-jenis protein terbagi dalam dua jenis, yaitu protein nabati dan protein hewani. Protein nabati merupakan protein yang berasal dari tumbuhan, dan protein hewani adalah protein yang berasal dari hewan. Protein hewani mengandung profil asam amino lengkap yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Oleh karena itu, protein sangat penting bagi tubuh kita dan Anda harus memenuhi asupan protein ini setiap harinya. Berikut ini merupakan tanda-tanda seseorang kekurangan protein, diantaranya :

1.       Tubuh Mudah Lelah

Kekurangan protein dapat melemahkan kondisi tubuh. Tubuh mudah lelah dan cepat merasa capek, karena energi di dalam tubuh Anda sangat rendah.  Protein membantu menstabilkan kadar gula darah dan membantu memberikan asupan energi yang cukup bagi tubuh Anda.

2.       Rambut Rontok

Rambut rontok atau rambut menipis dapat disebabkan karena tubuh Anda kekurangan protein. Hal ini terjadi karena rambut tidak mendapat nutrisi dari dalam tubuh, sehingga kekuatan rambut mulai melemah, lama kelamaan akan terjadi kerontokan rambut dalam jumlah yang sangat signifikan. Baca Juga: 3 bahan alami untuk mengatasi rambut rontok


3.       Menurunnya ukuran otot

Kekurangan protein bisa menyebabkan menurunnya ukuran otot. Jika tubuh anda tidak mendapatkan cukup protein dari makanan sehari-hari yang dikonsumsi, maka otot akan mengorbankan jaringannya dan membuat ukuran otot menjadi kecil.

4.       Sering terserang penyakit

Penyakit akan lebih mudah menyerang tubuh Anda, ketika tubuh Anda kekurangan protein. Fungsi protein adalah untuk membentuk sistem kekebalan yang kuat. Jika kekebaan di tubuh Anda tidak ada, maka bakteri, virus, kuman, dan penyakit ebih mudah berkembang dalam tubuh anda.

5.       Diare

Penyebab diare dalam tubuh bisa disebabkan karena tubuh kekurangan protein.  Munculnya penyakit diare dipicu oleh infeksi, operasi, obat-obatan tertentu, pengonsumsian alkohol, dan gangguan pencernaan karena tubuh tidak mendapatkan asupan protein yang cukup.


Penuhi Asupan Protein Dalam Tubuh Setiap Harinya

Demikian artikel 5 Gejala Akibat kekurangan protein. Semoga Anda bisa menjaga kesehatan Anda dan selalu mengkonsumi makanan yang mengandung protein yang tinggi.