Pages

5 Asupan Untuk Menurunkan Demam Pada Anak

 
5 Asupan Untuk Menurunkan Demam Pada Anak
Sumber Gambar Dari Google Images


Demam Pada Anak disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang sedang melakukan perlawanan pada gangguan. Untuk Mengurangi dan menurunkan demam pada anak berikan asupan.

Berikut ini 5 Asupan Untuk Menurunkan Demam Pada Anak

1 Karbohidrat
Sebab dapat memberikan tubuh sumber energi, sehingga dapat segera pulih. Pilih bubur, sebab teksturnya yang lembut dapat dengan mudah diserap tubuh. Ini bisa dibuat sendiri di rumah. Gunakan bahan pokok nasi murni, bisa ditambahkan sedikit bawang merah, bawang putih, dan sedikit garam sebagai penyedap rasa.

2. Mineral
Macam mineral seperti zat besi, mangan, selenium, dan tembaga juga berperan melawan infeksi saat demam. Kandungan mineral ini banyak ditemui pada sayuran hijau, jamur, dan kacang-kacangan. Sebaiknya pilih yang dikukus maupun rebus. Hindari goreng-gorengan.

3. Vitamin
Cukupi asupan berbagai vitamin, seperti vitamin B1, B2, B6, B12, C, E, yang ada pada buah-buahan, seperti pepaya, pisang, anggur, apel, dan sebagainya, untuk membantu tubuh melawan radikal bebas serta turut memulihkan kondisi tubuh akibat efek peradangan.

4.Air
Meskipun tidak sedang haus, sebaiknya anak tetap perbanyak minum, seperti minum air putih, susu yang telah dipasteurisasi, dan minuman elektrolit, karena demam membuat tubuh banyak menguras cairan lebih cepat sehingga berisiko dehidrasi. Namun hindari memberikan minuman yang mengandung kafein karena cenderung membuat sistem kekebalan tubuh jadi menurun, seperti teh dan minuman bersoda.

5. Protein
Protein juga memberikan energi yang dibutuhkan tubuh saat melawan infeksi. Sebaiknya pilih asupan yang direbus maupun dikukus saja, seperti telur, tahu, dan tempe. Protein dengan berjenis cair/minuman juga bisa dijadikan pilihan seperti shake dan susu rendak lemak.

Sumber: ayahbunda.co.id