Pages

Resiko Memakai Headset Yang Berlebihan

Resiko Memakai Headset Yang Berlebihan
Resiko Memakai Headset Yang Berlebihan



Telinga Adalah Salah satu indera Pendengar yang sangat penting bagi kehidupa
. Indera pendengaran yang normal yang bisa mendengarkan segala suara dengan jelas. dan Kita harus menjaga indera pendengaran ini agar tidak rusak, karena jika indera pendengaran rusak maka akan menyebabkan ketulian.

Maka Anda harus mengurangi mendengarkan suara yang terlalu keras dikarena hal ini akan merusak gendang telinga Anda. Sebaiknya Anda jangan terlalu sering mendengarkan music menggunakan headset, karena di dalam headset mengalir gelombang elektromangentik yang sangat berbahaya bagi syaraf-syaraf di telinga Anda.

Hindari Mendengarkan Suara Terlalu Keras Melalui Headset, Awas Bisa Tuli
Memang dengan menggunakan headset suara akan lebih jelas didengarkan,  tapi penggunaan headset secara berlebih dapat menimbulkan kerusakan pada telinga. Lebih parahnya lagi, jika hal ini terus dibiarkan, maka potensi kerusakan otak juga dapat bertambah.

Berikut ini merupakan dampak buruk headset bagi kesehatan tubuh :

Kerusakan Pada Telinga
Telinga akan mengalami kerusakan secara permanen apabila terlalu lama dan terlalu sering mendengarkan suara melalui headset. Hal ini terjadi bila telinga sudah tidak kuat lagi menanggung beban suara keras dari earphone yang langsung terhubung dengan lubang telinga, biasanya, hal ini terjadi pada mereka yang masih berusia muda atau remaja.

Kehilangan pendengaran di usia 20-an
Sangat disayangkan apabila telinga Anda tidak berfungsi di saat usia saat muda. Kerusakan akibat penggunaan headset yang berlebihan ini akan muncul secara perlahan, biasanya efek akan mulai terasa di usia 20-an. Di usia itu, si penderita akan mulai kehilangan pendengarannya.

Mengakibatkan Kerusakan Pada Otak
Menggunakan headset secara berlebihan juga dapat mengakibatkan kerusakan pada otak. Ini dikarenakan karena di dalam headset mengalir gelombang elektromagnetik yang dapat mengganggu fungsi otak dan menurunkan daya ingat.

Ambang pendengaran.
Ambang pendengaran manusia dapat terganggu akibat paparan suara yang berasal dari headset. Apalagi jika suara tersebut didengarkan dengan volume keras dan dalam jangka waktu lama. Secara perlahan efek ini akan mengarah pada gangguan pendengaran secara permanen.