Pages

Sejuta Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh

temulawak, tubuh sehan, rambut rontok, rambut botak, penumbuh rambut, obat kesehatan, indonesia, obat herbal alami
Sumber Gambar Dari Google Images


Temulawak
atau Curcuma Xanthorrhiza merupakan tanaman herbal yang mempunyai sejuta khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Tanaman temulawak ini berada dalam satu keluarga Zingiberaciae bersama jahe, kunyit, kunci, dan lengkuas pada keluarga Zingiberaciae. Tanaman ini tersebar di daerah tropis seperti Indonesia dan beberapa negara lainnya di Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri tanaman ini banyak hidup di daerah Maluku, Jawa, dan Kalimantan. Baca Juga: Manfaat Lidah Buaya Untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

Bagian yang sering diambil dari Temulawak adalah bagian akarnya yang disebut dengan akar rimpang.  Pada akar rimpang temulawak terdapat turmerol dan fellandrean yang dikenal dengan minyak menguap. Selain itu, rimpang temulawak juga mengandung minyak atsiri yang berfungsi sebagai  penekan pembengkakan jaringan, dan meningkatkan produksi getah empedu. Kurkuminoid yang terkandung pada rimpang temulawak juga memiliki manfaat seperti menetralkan racun, menurunkan kolesterol, meningkatkan sekresi empedu.


Berikut ini merupakan manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh manusia, diantaranya adalah :

1.    Obat sakit Ginjal
Temulawak berkhasiat sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan sakit ginjal. Cara membuatnya adalah,  siapkan 2 rimpang temulawak, tambahkan 1 genggam daun kacabeling dan 1 genggam daun kumis kucing. Temu lawak diiris tipis-tipis, direbus bersamaan dengan kedua daun di atas dengan seliter air, kemudian disaring. Lalu minum ramuan tersebut selama 3 hari.

2.    Obat penyakit Asma
Penyakit sesak nafas atau asma bisa disembuhkan dengan rimpang temulawak. Caranya iris tipis-tipis satu setengah rimpang temulawak, setelah itu keringkan. Temulawak yang kering direbus dengan 5 gelas air ditambah sepotong gula aren, hingga menyisakan 3 gelas. Setelah itu disaring dan siap diminum.

3.    Obat Sakit Mag
Temulawak berkhasiat sebagai obat sakit mag. Caranya iris rimpang temulawak, kemudian keringkan. Setelah itu, rebus dengan air sampai mendidih, saringlah untuk mendapatkan sarinya. Kemudian minum dalam kondisi hangat, setidaknya 1 hari 1 gelas.


4.    Suplemen Penambah Nafsu Makan
Temulawak tidak hanya berkhasiat sebagai obat, tapi t bermanfaat sebagai suplemen penambah nafsu makan. Caranya rebus 2 rimpang temu lawak, seperempat rimpang lengkuas, dan segenggam daun meniran. Tunggu sampai mendidih, kemudian saring.



Minumlah dalam kondisi hangat setidaknya 2 kali dalam sehari. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh, namun disini hanya dijelaskan secara garis besarnya saja. Semoga bermanfaat.

No comments :

Post a Comment